Selasa, 28 Agustus 2012

Pernyataan Sikap ISMKI terkait World Tobacco Asia 2012 di Indonesia



PERNYATAAN SIKAP

Dengan ini, Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia mewakili generasi muda Indonesia, menyatakan menolak World Tobacco Asia 2012 di Indonesia dengan alasan :
1.       World Tobacco Asia 2012 di Indonesia akan berdampak menarik Investor asing Industri Rokok ke Indonesia menyebabkan Industri rokok Indonesia akan semakin masif dan berakibat pada :
a.       Peningkatan jumlah perokok di Indonesia. Sedangkan saat ini Indonesia merupakan pasar rokok kelima terbesar di dunia dan tuan rumah dari rokok kretek. Sekitar 57% dari penduduk laki-laki dewasa adalah perokok aktif dan 5% dari populasi perempuan dewasa, serta perokok anak-anak saat ini berkisar 4% dari total jumlah perokok yakni sekitar 65 juta jiwa. Kemudian dengan meningkatnya jumlah perokok aktif maka dipastikan jumlah perokok pasif juga akan meningkat.
b.      Peningkatan biaya penyembuhan karena rokok, baik berasal dari jaminan kesehatan maupun uang pribadi masyarakat. Saat ini biaya penyembuhan karena rokok mencapai 186 triliun sedangkan pendapatan dari cukai “hanya” 62 triliun.
c.       Peningkatan kemiskinan. Dengan meningkatnya jumlah perokok, maka meningkat juga biaya kebutuhan rumah tangga perokok tiap hari. Ketergantungan akan menurunkan pendapatan perokok.
d.      Semakin sulitnya upaya pengendalian tembakau. Saat ini sekitar 8 juta orang terikat bekerja dengan perusahaan rokok, baik sebagai pegawai pabrik maupun petani dan sebagainya. Semakin besar industri rokok Indonesia, maka jumlah ini akan terus bertambah mengakibatkan makin sulit upaya pengendalian tembakau.
e.      Akusisi perusahaan rokok nasional oleh pihak asing. Hal ini menyebabkan kapitalisasi perusahaan Indonesia oleh asing. Contoh, Perusahaan Sampoerna yang kini 97% sahamnya dimiliki Phillip Morris International Inc.
f.        Peningkatan impor tembakau ke Indonesia. WTA 2010 lalu tidak membantu petani Indonesia karena Indonesia mengimpor sebagian besar tembakau.
2.       World Tobacco Asia 2012 di Indonesia akan menjadi konsolidasi pihak pro rokok dan anti Regulasi pengendalian tembakau.

Atas dasar ini, Ikatan Mahasiswa Kedokteran Indonesia mewakili generasi muda Indonesia mendesak pemerintah untuk menolak World Tobacco Asia 2012 di Indonesia dan menyelesaikan segala permasalahan yang menghalangi penyegeraan penngendalian rokok , meliputi :
1.      Mengesahkan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif  berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan dalam tempo sesingkat-singkatnya,
2.      Mengajukan Rancangan Undang-Undang Pengendalian Dampak Produk Tembakau terhadap Kesehatan (RUU PDPTK) dalam prolegnas 2013 dalam prioritas utama dan mengesahkan RUU PDPTK dalam tempo sesingkat-singkatnya,
Demikian tuntutan ini dideklarasikan dengan harapan untuk segera diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah IndonesiaApabila tuntutan ini tidak segera terpenuhi, maka akan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia bekerja sama dengan berbagai Ikatan dan Perhimpunan Senat Mahasiswa Fakultas lainnya akan mengambil tindakan aksi frontal dan mempublikasikan pengabaian (ignorance) ini ke berbagai media cetak dan media massa di Indonesia.

jakarta, 7 Agustus 2012
atas nama mahasiswa kedokteran Indonesia,

Mengetahui,
Sekretaris Jendral
Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia















0 komentar:

Posting Komentar